On Wed, Oct 12, 2005 at 04:59:45PM +0700, Agil Purnomo wrote:

> +++
>
> Layanan Spooling Mail (AFAIK cuman CBN aja) = Semua email yang masuk
> darimanapun dengan tujuan domain @namaperusahaananda.co.id akan di
> spool/dikumpulkan di server mailnya ISP.
>
> Service spooling mail biasanya dipake jika bapak mempunyai server mail
> sendiri dengan 'kemampuan koneksi internet' terbatas....
> Server mail bapak bertugas meretrive/mengambil email2 yang telah di
> spool/dikumpulkan di server mail ISP.

Sebagai tambahan, biasanya service ini dijual dg nama domainpop.
Jika Mas Mulyanta ada waktu coba mampir ke toko buku dan cari buku
teknologi warung internet oleh Onno W. Purbo, disitu dijelaskan trik2nya
untuk menarik email dari Mail Server Spooling. Sayangnya di buku itu
dijelaskan triknya untuk MDaemon sebagai tool yg narik email dan
mendistribusikan email ke user.

Alternatif lain anda bisa coba2 menggunakan script fetchmail spt ini:

poll mail.cbn.net.id protocol odmr port 366
   username [EMAIL PROTECTED] password passwordnya
   fetchdomains nama_perusahaan.co.id
   dropdelivered

Selanjutnya pelajari fetchmail, man fetchmail.
Asumsi, anda sudah install mail server lokal dg domain nama_perusahaan.co.id.

Salam,

~yudi