problem anda mirip dengan problem saya...
untuk sementara (baca: quick and dirty hack) saya korbankan 1 pc dengan 2 eth, untuk koneksi ke vpn server abakus, trus linksysnya langsung nyolok ke pc tsb dan fungsi vpn-nya di matikan. kalau pakai static NAT (one-to-one) tiap 10 menit pasti DC, waktu si vpn client melakukan refresh key (IKE phase 2) entah mengapa...

-paul
----- Original Message ----- From: "Johan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Thursday, October 13, 2005 11:57 AM
Subject: Re: [tanya-jawab] tanya ttg ip private yg jadi ip public

salam,
kantor ku kan pengelola gedung mall, nah kantor ku ini yg membagi
internet ke kantor pengelola lain.
kejadian sekarang adalah,kabel mereka lgs saya colokkan ke switch public saya
karena kami tidak punya bandwidth management,maka saya berpikir..saya
gunakan dengan htb...untuk membatasi ip2 keluaran dari gateway saya
ip2 keluaran gateway saya harus public juga..
btw..program vpn nya apa..apakah ada program yg bisa menenkripsi md5 untuk vpn

makasi sebelumnya