On Wed, Oct 19, 2005 at 03:27:53PM +0700, Ino3 wrote:

> tapi pertanyaan si pembuat thread kan ada dua mas,
> auto buat cdrom dan auto buat removable drive (USB)

Ya, lalu? Sama aja kok, mau buat cdrom dan usbdisk tetap gak perlu
'auto' kecuali maunya dimount setiap boot saja. Kalo setelah selesai
boot kemudian ganti cd atau usbdisk dicabut lalu dicolok lagi maka gak
akan dimount secara otomatis, kalo cuma pake 'auto' di fstab.

> saya tadi ganti "auto" di komp saya, nggak error tuh... :-) dan emang
> auto kebaca, berarti nggak ngawur banget kan? ( buat pertanyaan no. 1 )

Makanya saya tulis 'tidak PERLU dituliskan secara explicit', bukan
'tidak boleh'. Yg saya bilang ngawur itu bukan yg ini, tapi yg di atas
(option 'auto' utk mount bukan berarti dimount otomatis tiap ganti
removable media/drive).

Ronny