On Fri, Oct 21, 2005 at 08:37:45PM +0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> saya ada laptop zyrex yang type MX400

Informasi yg paling penting malah gak disebutin. Soundcardnya pake
chipset apa? Ada berapa soundcard?

> terus saya install linux mandriva 10.2 2005 LE. salah satu
> problemnya adalah gak keluar suara. padahal alsa nya sudah start dan
> sudah ngedetect tipe sound card yang bener. cara ngetrace yang
> keliatannya jalan tapi sebenernya gak jalan gimana ya..?

Mulai dari 'cat /proc/asound/cards' dan 'cat /proc/asound/devices'.
Cek dg 'lsmod', module alsa utk soundcardnya udah diload apa belom.
Utk tau nama modulenya cek di card matrixnya alsa di websitenya alsa.
Lihat logs (e.g. di /var/log/messages dan/atau /var/log/syslog) sambil
unload dan load module soundnya, cari message yg memberikan warning
atau error.

Ronny