Kantor saya menggunakan qmail, saya perlu bantuan teman-teman untuk memecahkan masalah ini, karena saya kurang ahli di qmail server ini. Masalahnya bermula ketika seminggu yang lalu, mail server kami terindikasi oleh spamhaus.org sebagai spammer dan dimasukkan ke dalam list mereka, sehingga user tidak bisa mengirimkan email ke luar. Setelah dicek, mereka bilang mail server kami ada open relay yang bisa dimanfaatkan oleh spammer.

Perlu diketahui user kami menggunakan webmail dan mail client melalui proxy server under windows ( winproxy versi 2 ) dengan IP 202.xxx.xxx.42 Sementara mail server kami berada dalam satu network dengan proxy server dengan IP 202.xxx.xxx.45. Spammer menyerang mail server kami dengan memanfaatkan IP proxy server tersebut.

Di tcp.smtp semula kami setting dengan menginjinkan IP proxy server 202.xxx.xxx.42 sebagai open relay. Tertulis seperti ini :
127.0.0.1:allow
202.xxx.xxx.42:allow
192.192.192.x:allow

Masalahnya sekarang, jika IP proxy ( 202.xxx.xxx.42 ) tidak di allow di tcp.smtp maka user tidak bisa mengirimkan email ke luar, tetapi jika di allow bisa dimanfaatkan oleh spammer karena dianggap sebagai open relay. Adakah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini ? apakah di proxy server bisa ditutup portnya dan bagaimana caranya sehingga spammer tidak bisa memanfaatkan celah ini ?

Terimakasih atas bantuan rekan-rekan

Wassalam,

Afif