On Mon, Nov 14, 2005 at 01:30:52PM +1100, Ronny Haryanto wrote:
> Cache penuh belum tentu lambat kalo cache utilisationnya (hit
> rationya) tinggi. Sebaliknya, cache yang besar sekali pun belum tentu
> bisa membuat cepat kalau cache utilisationnya (hit rationya) rendah,
> karena cache akan penuh dg object tapi semuanya tidak ada yg sering
> diakses, jadi tetap request ke internet lagi.

cepat tidaknya bergantung pada kecepatan disk, batas akses concurrent ke
disk yang memungkinkan (IDE vs SCSI), filesystem (directory hashing,
mount option, jumlah file dalam 1 directory), setting squid itu sendiri.

memang kalau sudah terjadi disk trashing, squid jadi nggak lucu lagi.
biasanya sih ini terjadi kalau trafik besar sekali.

jadi, saran saya, deskripsikan saja setting yang ada sekarang. semuanya.
bukan hasil analisis sendiri yang diceritakan di milis, bisa mis-lead ..
benar-benar semuanya, misalnya daemon apa saja yang jalan selain squid,
output free/top, vmstat, log, df, df -i, netstat -tn, bagaimana squid
resolve dns., compile sendiri atau tidak, kalau compile sendiri pakai
option apa, squid.conf, dll

Salam,

P.Y. Adi Prasaja

--
Ini signature saya. Pasang iklan anda di sini ... tarif menantang :-)