On Thu, Nov 24, 2005 at 09:12:56AM +0700, Budiman Angir wrote:

> bagaimana cara baca pola usage nya ?
> ada url nya ? atau dengan percobaan ?

Definisikan kebutuhannya dulu, lalu dites aja utk simple cases, trus
discale ke yg dibutuhkan. Misalnya utk web server, jalanin apache, utk
handle berapa ratus concurrent connections, ada berapa process apache
yg jalan, masing2 kira2 makan brp MB, trus dikalikan. Itu kasarnya
aja. Paling mudah dan murah meriah ya langsung dicoba, trial and
error. Terutama utk desktop, lebih mudah langsung dicoba.

Saya pake buat "desktop" sehari2, tapi kadang2 perlu jalanin oracle
database, ngetes program ini program itu, plus ada web dan mail server
yg jalan juga, walaupun ram udah 1 GB, saya masih kasih swap 1 GB
lagi. Dan swap jarang kosong kalo udah agak lama dipake, tergantung
saya lagi sering jalanin apa, makanya saya bilang tergantung pola
penggunaan, bahkan utk user yg sama pun, hari ini dan besok polanya
bisa lain. Hari ini develop web-based database program (jadi yg jalan
web server, database, IDE, mail server, etc.), besok cuma browsing dan
email, dst. Saya gak tau gimana ngukurnya, biasa dirata-rata aja.

Ronny