On Friday 02 December 2005 10:13, Ronny Haryanto wrote:
> Ini satu lagi yg saya nggak ngerti selain transparent proxying. Banyak
> yg pake squidguardian, dansguardian, dll, padahal dr yg umum
> dibutuhkan itu sudah bisa dipenuhi oleh squid sendiri tanpa tambahan
> lain2.
Ya mas, tadinya saya pake squid untuk mbatasi akses. Waktu saya masukkan acl
pembatasan yang porno malang squid hang, padahal untuk yang lain nggak.
Karena diburu waktu, baca-baca info linux edisi 08-05 membahas squidguard ya
saya coba.

Ya untuk latihan dulu mas. Tiada salahnya mencoba squidguard dulu, sambil
belajar squid lebih mendalam.
> Pertama pastikan squid jalan sebagai user apa,
> apa betul usernya "squid".
di squid.conf tertulis cache_effective_user squid, apakah sudah memastikan
user squid yang menjalankan squid?
> Lalu setelah dichown, jangan lupa chmod
> disesuaikan (kalo perlu), apa sudah executable oleh usernya squid
> tadi. Kalo perlu "su - squid" lalu jalanin /usr/bin/squidguard secara
> manual.
Sudah saya coba, kok tetap permission denied ya?

Mohon maaf kalo sering nanya nih.
--
Jauhi narkoba dan tetap cinta pada keluarga