On Mon, Dec 12, 2005 at 09:33:53AM +0800, sqlizer wrote:
> rekan-rekan senior dilinux
> apa maksud dari error berikut ini dan bagaimana solusinya :
>
> " EXT3-fs error (device sd(8,1)) in start_transaction: Journal has aborted "
>
> karena jika muncul pesan error tersebut, komputer yg saya gunakan
> sebagai PDC ini tidak dapat di akses sama sekali ( baik ssh atau
> samba),sehingga saya perlu restart 'manual'

Dugaan saya: either filesystemnya dalam state yg tidak konsisten, atau
ada masalah hardware (e.g. harddisk).

Kalo yg pertama, coba dijalankan full e2fsck dulu di single user mode,
kalo perlu boot dr CD dlm mode rescue, jadi filesystemnya tidak sampe
ter-mount dulu sebelum dicek.

Idealnya sih coba dilokalisasi dulu problemnya ada di mana (fs apa
hardware). Tapi kalo sulit, kalo saya jadi anda akan coba fsck dulu.

Ronny