On Tue, Dec 13, 2005 at 07:12:25AM -0800, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> mungkin rekan rekan ada yang tahu bagaimana meng-ekstrak file initrd,
> mengedit beberapa konfigurasinya dan mengembalikan seperti semula.

Tergantung initrd-nya formatnya apa? Kalau filesystem, bisa dimount dengan -o
loop

# file initrd.img
initrd.img: gzip compressed data, from Unix, max compression
# gunzip -S .img initrd.img
# file initrd
initrd: Linux rev 1.0 ext2 filesystem data
# mount initrd /tmp -o loop

Ada format lain, hanya berupa kompres file. Ini biasanya untuk ngisi module aja.

# file initrd-2.6.9-1bl.img
initrd-2.6.9-1bl.img:  ASCII cpio archive (SVR4 with no CRC)

Kalau bisa di mount (seperti contoh pertama), maka bisa disalin direktorinya,
dan dibuat file kembali dengan mkcramfs.

> kebutuhkan yang saya inginkan adalah setelah meload initrd, lalu
> menjalankan bash dengan keadaan mount point / adalah ramdisk.

Model ini sudah saya kenal sejak Slackware 3.5. Coba bakar boot.img dan
root.img dari Distro Slackware untuk mempelajarinya.

--
fade2blac