semua ada di /proc
masuk aja ke /proc
trus, baca file yang ada dengan perintah more.
beberapa file yang penting :
/proc/cpuinfo   <= keterangan tentang cpu
/proc/meminfo   <= keterangan tentang memory
/proc/pci       <= keterangan tentang berbagai device.
dll.. (bisa coba2 di-explore sendiri)
keterangan yang dicantumkan disana adalah hasil pembacaan langsung ke
hardware. jadi lebih akurat. (perintah dmesg juga mengambil inputan dari
proc ini).

selamat mencoba

salam,
denny