On Sat, Dec 17, 2005 at 12:12:05AM +0700, Donny Christiaan wrote:
> Dear All,
>
> Saya dikantor kan masih pake sistem Dial-Up utk nge-fetch email dari server.
> Jadi setiap jam 12 siang server secara otomatis akan dial-up lalu
> jalankan fetchmail utk ambil email dari server.
>
> Nah yg jadi pertanyaan saya, gimana caranya supaya kalau fetchmail
> sudah selesai mendownload semua email. langsung secara otomatis
> men-disconnect.
>
> Mohon saran nya.

Kalau koneknya pakai wvdial, bisa diatur parameter "Idle Seconds" di
file /etc/wvdial.conf. Kalau koneksinya idle lebih dr satuan ini maka
otomatis akan diskonek. Man wvdial.conf untuk detailnya.

Alternatif lain bisa juga masukkan parameter ini "idle n" di file
/etc/ppp/options dimana n adalah satuan detik. Man pppd untuk detail.

Yang lain bisa juga dengan menjalankan job crontab per menit untuk melihat
pid fetchmail /var/run/fetchmail.pid. Tentunya job ini dijalankan saat
koneksi dialup sukses, masukkan jobnya di /etc/ppp/ip-up. Job ini akan
melihat apabila tidak ada pid fetchmail maka otomatis akan didiskonek.
Tapi jangan lupa untuk meng-nonaktif-kan job ini di /etc/ppp/ip-down.

Salam,

~yudi