Jumat, 16/12/2005 13:08:26, Beast menulis:

B> di samba 4 nantinya samba malah punya ldap server sendiri, tdk
B> perlu pakai ldap server lain.

Nah, ini kabar bagus, meski yg lebih dibutuhkan adalah integrasi lebih
mudah dgn ldap server bukan membuat ldap server sendiri. Misalnya
SMBLDAP-TOOLS dari IDEALX khan sedikit banyak bikin repot.

B> Setiap user dan machine account di samba perlu dimapping (dgn
B> winbind) atau dibuat unix account-nya. Jadi secara teori bisa

Karena samba berdiri di atas filesystem dgn uid dan gid, memang ini
intinya. Sebenarnya bisa total lewat nsswitch, tapi samba tidak
memanggil PAM bila 'encrypt passwords = yes' sedangkan Windows
(kecuali Win95) tidak mau login tanpa setting tersebut (kecuali
diganti via registry).

B> 2. setup samba untuk berintegrasi dgn ldap. Kebanyakan user
B> langsung ke step 2, jadi makin tambah bingung ;-)

Ya gimana gak nguber duluan di sambanya, wong parameternya tampak
bejibun, jadi kelupaan kalo setting sistemnya blom bener.

B> afaik back-sql di openldap juga masih experimental, default yg
B> dikembangkan adalah pakai sleepycat db.

Ada pro kontra soal back-end SQL di openldap, tapi untuk kebutuhan
minimal meski experimental toh sudah berfungsi. Spt yg saya bilang,
integrasi sistem menggunakan MySQL sangat membantu (memudahkan query),
karena banyak* aplikasi yg menggunakan MySQL.

*) silakan definisikan sendiri berapa itu 'banyak'.

Tertanda,
Oguds [36856104]