On Mon, Dec 19, 2005 at 06:05:43PM +0700, m Ilhami wrote:
> Saya ingin menginstall crontab dari script atau lewat C library.
> Apakah Cron punya C API ?

Pake modular crontabs aja.

Minimal yg levelnya system-wide bisa diletakkan di /etc/cron.d/ atau
pake yg diakalin di /etc/cron.daily/ atau hourly, monthly, weekly.
Lalu cron daemonnya diconfigure utk membaca file2 yg ada di situ dg
bantuan "runscript" utk waktu2 yg sudah ditentukan, jadi di crontab
utama sistem ada entry utk hourly membaca dr /etc/cron.hourly, dsb.

Tujuannya dibuat begitu supaya  kalo ada penambahan/pengurangan entry
cron yg otomatis sewaktu menginstall/remove program cukup
meletakkan/menghapus file dari direktori tsb. Jadi ini bisa discript.

Rata2 distro udah menyediakan modular cron ini sih kayaknya. Yg bisa
saya konfirm (yg kebetulan saya pake sendiri) di Gentoo Linux udah
built-in.

Kalo mau diadaptasi sampe ke level per-user crontab juga bisa,
prinsipnya kurang lebih sama.

IMHO, ini jauh lebih flexible, lebih bersih (enak dibaca dan
dimengerti), elegan, dan less error prone ketimbang ngedit2 satu file
lewat script/program.

Ronny