On Tuesday 20 December 2005 05:03, -inValeed- wrote:

> Busyet dah ngece sekali..... :(
>
> Tuk mas bambang, Saya pernah juga alamin hal yang sama,
> coba install paket .rpm hasil download-an sendiri, bukan bawaan
> distro. bisa di download disini
> http://clamav.net/binary.html#pagestart
>
> atau klo mau lebih komplit dan lebih kompleks ya ikutin saran mas
> dheeqz tadi
> install dari tar.gz.
>

> --
> Regards,
>

> inValeed
> ==========================
> Regis'd Linux User #401132
> [...]

Waduh ... aku nggak nYangka bs santer gini komen nYa... hihihi .. sori
nih. Maksud saya, kalo kita instalasi pake tarball, kt bs tau proses
instalasinya, letak file - file konfigurasinya, juga kesalahan -
kesalahan yang terjadi pada saat instalasi. Jadi ketika ada trouble ..
lebih mudah troubleshooting nya. Berbeda dengan metode RPM yang instan.
Kita jd nggak tau letak file konfigurasinya. Nah, trs kl ada trouble jg
repot kan?

Btw, saya pernah pnYa pengalaman bikin milis server pake postfix +
Mailman bawaan Mandrake, waktu di suruh pembimbing TA saya di Telkom.
Seharian saya utak atik konfigurasinya, error mulu. Belum lagi library
nYa yg gak lengkap. Puyeng dah. AkhirnYa saya ganti Slackware distro
fave saya, trus install Postfix + Mailman dari source tarball. Gak
sampe 2 jam kelar!! Ketika ada trouble pun, saya bs tau letak kesalahan
nya dimana.

Moga - moga itu bs jadi referensi buat teman - teman. Mungkin ini hanya
soal kebiasaan aja, karena saya terbiasa instalasi dari source tarball.

--
Best Regards,

.: dheeQz24 :.

My Public-Key GnuPG : http://noc.margravine.com/dheeQz24.asc