On Thu, 22 Dec 2005, Donny Christiaan wrote:

cerita dong pak Rony...
anda pake nya itu pake apa?

apa cuman HylaFAX doang ?
atau ada tambahan 3rd party?
kl ada.. apa?
mohon saran nya ...

Layanan fax di linux salah satunya adalah menggunakan HylaFax (meskipun lisensinya bukan GPL). konfigurasinya rada ribet tapi feature-nya lengkap banget, tapi yang penting adalah sbb:
1. install via rpm kalo distro anda ada koleksi HylaFax (supaya mudah).
2. setup modem/fax (pake utility faxsetup).
3. aktifkan hylafax-server. langkah ini hanya berpengaruh untuk sending fax.
4. untuk receiving, aktifkah Faxgetty via init (baca manpage).
5. setup client (sending fax).
6. aktifkan dummy printer sebagai target dari aplikasi agar bisa kirim fax langsung dari dokumen. 7. agar bisa menerima fax dari client window, konfigure samba agar ada printer service dan buat agar tipenya postcript. client window harus diinstall postcript printer driver.
8. kalo pake cups sebagai backend printer, cari ppd untuk hylafax.

kira-kira langkahnya seperti itu, saya gak ingat lagi detilnya. ditempat saya, hylafax saya atur seperti diatas ditambah notifikasi agar setiap fax yang masuk saya terima email+attachment-fax, trus salinan faxnya disimpan di samba share folder sehingga client window bisa lihat.

cukup banyak hacking yang dilakukan terutama untuk tuning, agar bisa seperti diatas. kalo anda sudah coba konfigurasi dan masih ada masalah, jangan sungkan untuk baca man-page/googling/tanya. inysa allah saya akan bantu.

salam

--
|===[ Yudhi Kusnanto ]==============[ +62 811 292 184 ]===|
|===[ STMIK Akakom ]================[ +62 274 486 438 ]===|