On Sun, Dec 25, 2005 at 09:11:40AM +0700, Budiman Angir wrote:
> as subject .... ada ide ?
> soalnya di slackware10.2 ku ... cuma root yg bisa mount dan umount.

Itu memang behaviour mount begitu by design (designnya kan jaman
dulu). Tapi kadang kurang praktis di jaman skrg apalagi kalo utk
desktop systems.

Anyway, distro yg baru2 skrg sudah otomatis mountnya kok, tergantung
siapa yg pake console (duduk di depan comp) ya dia dapet akses ke
devices seperti cdrom dan usb disk, begitu dimasukin/dicolok langsung
nongol icon di desktop. Minimal yg pake GNOME begitu (sorry saya gak
familiar dg KDE). Kalo mau ditiru secara manual mungkin agak repot,
saran saya mending upgrade aja ke GNOME yg paling baru (kalo pake
GNOME lho).

Menjawab pertanyaan anda, mount punya banyak options tergantung jenis
filesystem yg dimount apa, ada juga options yg general, tidak
tergantung jenis filesystem. Contohnya option "user" yg mestinya
menjawab pertanyaan anda. Silakan dibaca sendiri di 'man mount' utk
jelasnya.

Ronny