On Mon, Dec 26, 2005 at 04:42:45PM -0800, prasetyo wrote:
> Saya punya user di mysql server misalkan usernya ilham
> dan passwordnya $1$5eae56c7$0wzE0WuCmIj9OTKpfHGMu1
> terus kemudian user ilham tsb lupa passwordnya. Gimana
> caranya untuk melihat passwordnya tsb ?

Yang biasa dipake utk menyimpan password bukan encryption algorithm,
tapi hash algorithm, dan yg disimpan bukan passwordnya sendiri, tapi
hasil hashnya. Contoh hash/digest algorithm yg umum dipake adalah MD5
dan SHA1. Sifat dr hash algorithms ini adalah operationnya one-way,
artinya algorithm ini cuma bisa dijalankan ke inputnya untuk
mendapatkan hashnya, tapi tidak bisa direverse/inverse ke hashnya
untuk mendapatkan passwordnya. Sifat ini lebih baik utk keamanan
karena passwordnya sendiri tidak pernah disimpan.

Maka dari itu kalo yg disimpan hashnya ya tidak akan mungkin bisa
didapatkan passwordnya kembali secara programmatic dan dalam waktu yg
reasonable. Tidak programmatic: pake dukun (good luck!). Dalam waktu
yg tidak dibatasi: brute force (tunggu sampe mesinnya jenggotan).

Dalam kasus seperti ini kalo lupa password ya solusinya cuma mengganti
passwordnya.

Nah, utk menjawab pertanyaan anda, skrg anda tinggal cari tau apakah
kolom password tsb menyimpan hash atau passwordnya. Silakan cek ke
dokumentasinya utk pastinya. Tapi tebakan saya melihat sekilas sih itu
hash (salted hash, saltnya yg di antara $..$) hasil dr fungsi
password()-nya mysql. In any case, jauh lebih mudah langsung ganti
saja passwordnya drpd repot2.

Ronny