On Wed, Dec 28, 2005 at 09:23:49AM +0700, rinto wrote:
> gimana cara setting transparant proxy dan iptables karena aku ingin
> setting outlook express agar bisa send / receive via squid

Squid itu awalnya dibuat untuk proxying dan caching HTTP traffic
sebetulnya. Kalo bisa dipake buat yg lain (ftp, https, irc) pun itu
hanya sekedar tambahan, saya sih nggak melihat apa keuntungannya
dilewatin squid dibanding langsung (lewat firewall).

Kalo untuk download email kenapa gak dibuka aja lewat iptables? Lebih
simple. Kalo pake squid lagi kan nambah2in kompleksitas.

Lalu utk sending email tidak perlu dibuka di firewall, tapi anda
jalanin gateway/relay SMTP server sendiri, jadi bisa lebih diatur.
User2 anda kalo mau send email keluar mesti lewat SMTP server ini.

Saran saya: Use the best tool for the job. Kadang kita kalo lagi
seneng pake palu trus pasang sekrup pun pengen pake palu.

Ronny