Hello rinto,

Thursday, December 29, 2005, 9:51:27 AM, you wrote:

> aku coba dgn cara spt ini :
> /sbin/iptables -F -t nat
> /sbin/iptables -t nat -A PREROUTING -i eth0 -p tcp -s
> 192.168.1.1/255.255.255.0 -- dport 80 -j DNAT --to 192.168.1.187:8080

> apakah benar spt ini?
> kalo untuk berinternet di client dg settingan ini bisa namun untuk OExpress
> tidak bisa...
> di OEnya itu smtp dan popnya di isi apa yah? karena aku menggunakan
> popnya cbn, dan smtpnya telkom

> server aku sebenarnya hanya untuk berinternet, jadi dengan satu gateway aku
> [...]

rule di atas kan cuma untuk transparant proxy, tentu saja untuk
browsing bisa, kalau maunya di client bisa juga ngePOP dan ngeSMTP,
silahkan aktifkan ip_forward dan tambahkan rule MASQ atau SNAT nya

echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
iptables -t nat -A POSTROUTING -s $INTERNAL_NETWORK -o $EXTERNAL_INTERFACE -j
SNAT \
            --to $EXTERNAL_IP

atau
iptables -t nat -A POSTROUTING -o $EXTERNAL_INTERFACE -j MASQUERADE
cmmiw

Nyoman.