On Mon, Jan 02, 2006 at 09:47:35PM -0800, -inValeed- wrote:
> Apa arti dari log ini ?
>
> [EMAIL PROTECTED] ~]# tail -f /var/log/messages
> Jan  3 09:31:11 freak named[8247]: client 192.168.10.2#1310: update
> '10.168.192.in-addr.arpa/IN' denied
>
> Gmn cara agar error ini tidak muncul lagi?
>
> IP 192.168.10.2 adalah Machine Domain Controller (AD) buat local LAN
> (Window$ 2000 Advanced Server)

Matikan dynamic DNS update di 192.168.10.2. Saya udah lama gak pegang
Windows jadi lupa nama tepatnya dan di mana matikannya.

Jadi dynamic dns ini gini, di network yg addressnya diassign secara
otomatis, misalnya lewat DHCP, kan address yg didapat utk tiap komp
bisa beda2 tiap kali acquire lease dr DHCP. Nah, mapping di DNS juga
jadinya bisa gak sync sama address yg didapat itu, makanya tiap dapet
address si komp mencoba mengupdate ke DNS servernya "eh, ini loh
address gua skrg, nama gua anu, benerin ya di database DNS elu,"
tujuannya supaya kalo ada org lain yg nanya ke DNS servernya "eh, si
anu addressnya berapa ya?" maka dns server bisa memberi jawaban yg
paling up-to-date.

BIND kalo gak salah support protocol dynamic dns yg dipake Windows
ini, tapi lupa mulai BIND versi berapa dan disupport penuh atau nggak.
Google aja deh.

> Thanks Before,

Yang betul "thanks in advance", "thanks before" itu kedengeran aneh
buat org yg gak tau bahwa bahasa indonesianya adalah "terima kasih
sebelumnya", mirip seperti menjawab "same same" abis dibilang "thank
you". You're welcome. :-)

Ronny