On Tue, Jan 03, 2006 at 03:26:22PM +0700, Ignatius Syofian wrote:
> Mau nanya minimum specification untuk server email,squid dan web (webnya cuma
> homepage sederhana saja) berapa ya..
> Bisa jalan di P-III 400, memory 128 MB, HD 40 GB ?
> OS-nya yang cocok apa (SUSE, Knopix, RH atau apa...?)
>
> Email dan squidnya buat kontrol pemakaian internet dan email internal maupun
> external. Soalnya ada pc yang mau diganti, kan sayang kalau tidak
> dimanfaatkan....

Kalo website sederhana webservernya pake lighttpd aja, enteng.

Tapi semuanya itu tergantung pada trafficnya yg diexpect bakalan
seperti apa. Berapa banyak email yg keluar masuk dalam jangka waktu
tertentu? Berapa banyak user yg mengakses web pada saat bersamaan dan
seberapa besar rata2 ukuran request/responsenya? Berapa banyak maximum
concurrent request ke webservernya? Trus pagenya dynamic apa static?
Ada database access?

Jawaban dari pertanyaan2 di atas itu yg lebih membantu menentukan
cukup atau tidaknya suatu spec. Ibaratnya mau jalan2 trus nanya "saya
bawa botol minum ukuran segini cukup gak ya?", kan tergantung mau
jalan2 ke mana, berapa lama, ada yg minta minum gak, bakalan kepanasan
apa nggak, dsb, kalo semua serba gak tau kan lebih susah ngukur juga
cukup atau nggaknya. Kecuali cuek aja jalan bawa minum seadanya trus
di tengah jalan beli air minum lagi (upgrade hardware tambahan) kalo
kepepet.

Setelah menjawab itu pun, paling sip dites langsung. Anda pasang dan
configure semua server2nya sampe siap pake, lalu jalanin program yg
ngetes loadnya, atau suruh user anda cobain pake.

Tebakan ngawur saya sih spec di atas cukup, palingan RAM-nya yg bisa
ditambahin. Tapi ini nebak ngawur tanpa testing beneran. Mana tau user
anda ada 5000 dan semuanya ngirim email dan browsing bareng terus
menerus.

Distro pake apa aja yang mana anda mudah mendapatkan dukungan. Punya
temen baik yg jago Debian maka kalo pake Debian bisa nanya2 dia. Punya
akses cepat ke mirror mana? Distro mana saja yg ada di mirror itu?
Anda sendiri (atau yg bakal jadi adminnya) sudah familiar dg distro
mana? Buat webserver, email server, proxy/caching seperti yg anda
sebutkan, hampir semua distro enak dipake buat itu. Tinggal pilih satu
aja. Saran saya: Ubuntu, Debian, atau Gentoo.

Ronny