On Wed, Jan 04, 2006 at 11:17:15AM +0700, Rony wrote:
> jika aku buat $relay_recipient_maps  langsung query ke ldap server ,
> apakah perintah postmap nya ga perlu lagi??

iya. tidak perlu lagi (berlaku juga untuk dict mysql/pgsql).

> pada qmail-ldap  untuk outgoing remote  aku aktifin  smtproutes ke IP
> postfix gateway, tapi smtp dari mua client tetap aku arah kan ke qmail
> menurut kamu apakah konsep ku sudah benar, atau dari MUA clinet lebih
> baik aku arahkan juga ke postfix??

tidak punya preferensi apa-apa. tetapi kalau mau menerapkan smtp-auth,
sepertinya lebih baik diselesaikan di sisi qmail-ldap. jadi, postfix-nya
sekali pasang ya sudah ditinggal saja, tidak perlu ditengok-2 lagi.

> terus di qmail ga perlu kali ya pake anti spam atau pake merk lain misal
> spamguard  karena di postfix sudah ada spam assasin, tapi untuk AV aku
> berencana pake merk beda, pada postfix pake cLAMAv dan di qmail pake
> merk laen ..belum tahu pake apa nih...semua pada bayar sih...ha...haha

ini juga saya tidak memiliki preferensi. karena menurut saya, solusi
antivirus/antispam yang pada awalnya untuk menghemat resources, yang
terjadi malah sebaliknya :-) pada prinsipnya, kalau (cuman kira-kira ya)
trafik incoming kurang dari 25K sehari, tidak terlalu berpengaruh lah
cara/produk yang mau dipilih.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja