On Thu, 5 Jan 2006 08:41 pm, Fajar Priyanto wrote:
> Ada yg pernah nerapin ACL squidguard kayak gini ngga?
> 1. Ada 2 kelompok user:
> - staff : cuma boleh internetan pada jam boleh internetan dan jam
> istirahat. - boss : boleh internetan pada semua jam
>
> 2. Ada website yang BOLEH diakses oleh SIAPAPUN pada jam BERAPAPUN, yaitu
> web kantor.
>
> 3. Ada website yang NGGA BOLEH diakses oleh SIAPAPUN pada JAM KERJA, yaitu
> yahoo.com

Pake squid acl aja cukup, gak perlu squidguard. Seperti biasa, rules dibaca dr
atas ke bawah, first match wins, sisanya gak dibaca. Rule of thumbnya:
letakkan pengecualian2 lebih ke atas, yg lebih sempit cakupannya di atas, yg
lebih luas cakupannya lebih ke bawah.

acl staff ...
acl managers ...
acl boleh url_regex /path/to/boleh.txt
acl pantang url_regex /path/to/haram.txt
acl jamakses ...

http_access allow boleh
http_access allow managers
# kalo deny pantang ini sebelum managers,
# ntar managers pun gak bisa access ke yg pantang
http_access deny pantang
http_access allow staff jamakses
http_access deny all

Yg titik2 silakan disesuaikan dg keperluan, syntax juga dicek dulu aja, saya
gak sambil buka referensi soalnya.

Ronny