On Fri, Jan 06, 2006 at 03:27:30PM +0700, tante tety wrote:
> [...]
> Setahu saya, email server akan berfungsi jika sudah di kenali di
> jaringan (add record di dns server), bukan hanya ping. Karena sewaktu
> kita mengirim email dari [EMAIL PROTECTED] ke [EMAIL PROTECTED], dibutuhkan
> resolve untuk sampai ke ip tujuan mail server tersebut, meskipun dalam
> satu LAN (bukan hanya internet).
> Mungkin anda bisa menyertakan pesan error yang muncul ketika anda gagal
> mengirim email dari [EMAIL PROTECTED] ke [EMAIL PROTECTED] (email
> bouncingnya),
> agar kita bisa tau di mana letak salahnya.

Rasa2nya untuk kebutuhan minimal tdk perlu pasang dns server. Dengan
postfix cukup memanfaatkan file /etc/hosts dan /etc/postfix/transport
itu sdh cukup.

Contoh file /etc/hosts

  127.0.0.1      localhost
  192.168.12.10  mail.mis_01.id  mail01
  192.168.12.20  mail.mis_02.id  mail02

Contoh file /etc/transport di mesin mail01

  mis_01.id   local:
  mis_02.id   smtp:[192.168.12.20]
  # Jika ada yg coba kirim email ke selain domain di atas akan ditolak
  *           error:mail for unknown domain is not deliverable

Contoh file /etc/transport di mesin mail02

  mis_02.id   local:
  mis_01.id   smtp:[192.168.12.10]
  # Jika ada yg coba kirim email ke selain domain di atas akan ditolak
  *           error:mail for unknown domain is not deliverable

Kemudian jangan lupa tambahkan ini di postfix/main.cf

Jalankan postmap /etc/postfix/tranport dan reload service postfix.

Salam,

~yudi