From: avudz <[EMAIL PROTECTED]>

> DH Arief,

> \
>
> --- nice trick :-) pasti sangat berguna buat yang lain om, bagaimana
> kalau dibuatkan ke sebuah mini-howto aja ?

Silahkan kalau ada rekan lain yg mau buat mini-howto-nya.
Saya tdk pandai berkata-kata maunya langsung to the point aja.

Rupanya skrip ini juga punya kelemahan karena tool find akan parsing
isi seluruh direktori dan subdirnya, bayangkan bila ada banyak file
dan direktori ? Saya baca2 lagi situs clamav dan rupanya ada alternatif
lain pengganti dazuko yakni famuko tetapi gagal install krn ada file
header dotconf.h yg entah ada di mana saya tdk bisa cari meski sudah
googling ke sana.

Akhirnya baca2 situs fam: http://oss.sgi.com/projects/fam/
disitu ada tool untuk monitor adanya perubahan file, silahkan baca
dokumentasinya di sana, setelah ubek sana ubek sini akhirnya saya
ketemu cara lain untuk "realtime" scanning untuk clamav sbg ganti
alternatif clamuko (dazuko). Soalnya karena saya ndak punya pengalaman
programming dg C/C++/perl dsb di linux agar bisa memanfaatkan libfam.
Sejauh ini paling juga hanya sebatas bisa memunculkan "Hello world!".

Bagi yg pakai slackware, ini dia langkah2nya (dianggap sdh install
clamav dan running well). Bagi yg pakai redhat/debian tool sgi-fam
ini sudah dibundle di distronya masing2.

1. Install paket fam, cari di linuxpackages.net atau untuk distro
   lain cari di http://oss.sgi.com/projects/fam/
   FAM ini perlu dukungan inetd dan portmapper, jadi aktifkan dulu
   service portmap tapi ubah dulu sgi_fam dengan famd di /etc/rpc
   setelah itu aktifkan servicenya: /etc/rc.d/rc.portmap start
   Kemudian aktifkan inetd: /etc/rc.d/rc.inetd start
2. Install gettext-1.05.tar.gz
   http://search.cpan.org/CPAN/authors/id/P/PV/PVANDRY/gettext-1.05.tar.gz
3. Install help2man
   ftp://ftp.gnu.org/gnu/help2man/help2man-1.36.3.tar.gz
4. Install fileschanged, cari di http://fileschanged.sourceforge.net/

COnfigure dan make dst sesuai petunjuk. Oya, pas install fileschaned
muncul warning perlu makeinfo atau TexInfo, saya lewatkan saja, dan
ternyata sampai make install tdk bermasalah.

Saya buat script modifikasi dr contoh script di
http://fileschanged.sourceforge.net/ untuk scan secara otomatis file
apabila ada modifikasi. Ini contoh scriptnya:

[EMAIL PROTECTED]:/etc# cat /usr/local/sbin/scanfile.sh
#!/bin/sh

PATH=/usr/bin:/usr/local/bin

if [ "x$1" == "x" ] ; then
        echo "Usage: `basename $0` "
        exit 1
fi
if [ ! -d $1 ]; then
        echo "ERROR: `basename $0`: $1 is not a directory!"
        exit 2
fi

fileschanged -r $1 | while read file; do
    clamdscan --remove "$file" >/dev/null 2>/dev/null
done
exit 0

Misalnya direktori samba adalah /home/data/samba/Data, dimana user2
windows bisa melakukan operasi file (rw). Saya jalankan scriptnya sbb:
  # scanfile.sh /home/data/samba/Data/ &

Kalau lihat virusnya ketangkap, monitor log clamd:
  # tail -f /var/log/clamd

Saya coba copy 23 files termasuk beberapa virus ke dalam direktori
sharing tsb, hasil lognya sbb:

Sun Jan  8 23:13:09 2006 -> /home/data/samba/Data/New Folder/d..exe:
W32.Parite.B FOUND
Sun Jan  8 23:13:09 2006 -> /home/data/samba/Data/New
Folder/Download_Video.exe: W32.Parite.B FOUND
Sun Jan  8 23:13:12 2006 -> /home/data/samba/Data/New Folder/r.exe:
W32.Parite.B FOUND
Sun Jan  8 23:13:13 2006 -> /home/data/samba/Data/New Folder/s.exe:
W32.Parite.B FOUND

Silahkan jika ada rekan2 yg mau sumbang saran, pengalaman dsb.

TIA,

~yudi

(wah sudah larut malam nich dan belum beli pindang buat makan kucing besok
pagi, balik dulu ahh ...:-)