halo rekan-rekan semuanya,

saya memiliki client yang harus segera dimigrasikan email servernya ke
linux. saya memilih qmail untuk MTA-nya.

saya sebelumnya sudah pernah mencoba instalasi mail server tapi
menggunakan domain name yang ter-register (FQDN), misal www.apalah.com -
IP legal. jadi, pada seting qmail-pop3d dan qmail-smtpd saya tinggal
memasukkan domain name server saya dari qualified domain yang telah
ter-register tersebut. begitu juga dengan mail server yang menggunakan
sub-domain dari FQDN, misalnya mail2.apalah.com (IP lokal yang teregister
MX di DNS apalah.com) saya tidak mengalami masalah apapun.

permasalahannya adalah, bagaimana jika saya hendak menggunakan MTA tetapi
dengan smtp dan pop3 server dari ISP lain?
misal, smtp.centrin.net dan pop3.master.web.id ? konfigurasi apa yang
harus saya ubah/tambah?

terima kasih

salam,
denny