On Friday 13 January 2006 06:43, suhu _achai wrote:

> Sudah di chmod 777 /home/achya/masalalu tetapi Operation not permitted.
> saya sudah login ke superuser tetap sama saja.

Mode 777 itu hampir tidak pernah diperlukan. Hampir selalu ada solusi yg lebih
baik. Jadi kalo baru ketemu masalah yg kira2 nyerempet2 permission trus udah
disuruh chmod 777, itu ngawur. Yang paling umum yg membutuhkan 777 (itupun
harus 1777) adalah shared temporary directory seperti /tmp, selain itu jarang
banget, gak umum.

Mirip seperti mobil yg pintunya agak rusak dikit jadi susah masuk trus disuruh
copot aja semua pintu dan kaca2nya, biar gampang masuk. Jadi seakan2 pintu
dan kaca2 itu hanya menyusahkan org keluar masuk mobil aja, tidak ada gunanya
yg lain.

Ronny