On Wednesday 25 January 2006 21:55, Fajar Priyanto wrote:
> Hi rekan2,
> Saya lagi iseng2 bikin script untuk backup direktori2, seperti ini:
>
> !#/bin/bash
> DIRBACKUP="/home"
> DIROUT="/backup/"
> FILE="`date`-backuphome.tar.gz"
> tar zcf $DIROUT$FILE $DIRBACKUP
>
> Script di atas jalan sih, tapi yang ngga jalan adalah ketika saya ingin
> DIRBACKUP-nya menjadi "/home/fajar/"
>
> Ngga jalannya adalah dia ngga berhasil menghasilkan file tar.gz-nya, tapi
> ngga ada error apa2.
>
> Kenapa yah kira2?

Jalanin pake 'bash -x /path/ke/scriptnya' utk debugging bash scripts.

Saran:

- biasakan meletakkan variables dlm tanda kutip:

        tar cfz "$DIROUT/$FILE" "$DIRBACKUP"

- utk var yg isinya dir, jgn kasih slash di belakang, supaya kalo var itu
  digunakan, jadi lebih enak dan jelas dibaca. $DIROUT/$FILE lebih jelas buat
  saya ketimbang $DIROUT$FILE (kalo mau tempelin dua var juga mendingan gini:
  ${DIROUT}${FILE}).

- kalo ada kemungkinan lebih dr satu versi dr suatu program, gunakan full
  path, contoh:

        /usr/bin/tar ...

  soalnya ada solaris tar yg behaviournya laen dg gnu tar.

- dicoba jalanin manually dg parameter2 yg sama persis.

Ronny