On Sunday 29 January 2006 00:14, Gatra Wikan wrote:
> keliatannya mulai edisi 10g bisa download langsung setelah registrasi
> kalo 10g express bener gratis tinggal registrasi langsung download.

Dari sejak 8i/9i memang udah download gratis dr dulu setahu saya.

Yg bayar itu kalo udah dipake di production (kecuali yg Express). Kalo utk
development memang semuanya gratis. Dan tidak ada limitation seperti batas
waktu (time trial), nag screen atau unlock features setelah bayar. Jadi pake
sistem kepercayaan aja.

Versi 10g makin mudah install di Linux. Bahkan di distro yg tidak disupport
resmi oleh Oracle, seperti Gentoo dan Debian/Ubuntu, pun mestinya tidak
sulit. Kalo mau buat belajar bisa pake yg mana aja gratis, jadi bisa nyobain
sampe ke Real Application Cluster (RAC), HTMLDB, grid, dan feature2 yg ada di
enterprise editionnya. Tapi kalo udah kelar development lalu mau deploy utk
production kalo mau pake Oracle bisa pake yg Express, gratis (saya lupa ada
batasannya apa aja). Tapi kalo saya bilang sih feature2 yg ada di Express
hampir semua ada di yg open source (postgresql, mysql, plus tambahan2nya),
justru yg bikin bagus feature2 enterprisenya. Jadi kalo butuhnya basic aja ya
mending pake yg open source gitu, gak ribet dan lebih ringan. Ini pendapat
pribadi aja.

Ronny