> Dengan kasus seperti ini gimana?
>
> Di Fak. X ada 4 jurusan. Setiap jurusan ada 1 jaringan dng 10 client.
> Jurusan A dengan Network A (IP 192.168.0.1 - 192.168.0.10)
> Jurusan B dengan Network B (IP 192.168.1.1 - 192.168.1.10)
> Jurusan C dengan Network C (IP 192.168.2.1 - 192.168.2.10)
> Jurusan D dengan Network D (IP 192.168.3.1 - 192.168.3.10)
>
> Masing-masing client inginnya bisa melakukan pengiriman email antar
> client lokal (A,B,C,D) dan juga bisa mengirin email ke internet.
>
> Gimana caranya setting mail server supaya bisa melayani email lokal
> dan email ke internet.
> [...]

sebenere di arsip untuk pembahasan masalah seperti diatas ada
mungkin sebelumnya bisa di search dulu, ntar biar tau gimana kira²
implementasinya

untuk kasus diatas, sebenere cuman masalah routing aja
bisa di sisi mailservernya atau dirouting table jaringannya

untuk postfix atao qmail, terserah yang mo pake
kalo saya pake postfix sekarang ini, berhubung di paket distro cd nya
sudah include bersama sendmail, qmail gak ada
otomatis dari pilihan postfix ma sendmail, ya pilih postfix dong :)