> ====================================================boleh saya simpulkan?
> jadi untuk bikin LTSP 25 unit komputer bisa memakai spek sebagai berikut:
> 1 server PIV LGA 2.6 RAM 4 Gbyte HD 40 (board rakitan merek apa ya yang
> suport? :)  [ LGA khan 64 bit ya?, trus apa FC 4 bisa support? ]
> 24 unit Workstation PIV socket 478 2,6 RAM 128 (LAN onboard + BOOT ROM)

LGA belum 64 bit processor, yang 64 itu Itanuim khusus server, intel EMT64
(super mahal), dan AMD64 (desktop highend), opteron (server). FC4 bisa kok
workstation seharusnya gak perlu high performance, P2, P3, dengan ram 32mb
sudah cukup. yang prlu diperhatikan adalah network card PCI 10/100, jangan
pakai ISA 10Mbps. vga card minimal 4Mb supaya bisa dapet resolusi 24bit
1024x768, switch 10/100 jangan pakai hub apalagi pakai yang 10Mb. btw
harga-harga barang ini sudah murah sekali jadi jangan buang uang dengan
beli barang yang performance nya kurang.

> [...]
> dulu
> LDAP nya - buat percobaan tahun depan :) ), trus kita ingin membuat 1
> webserver intranet (taruhlah memakai PHPNuke, ama moodle) trus kita
> integrasikan ke LAN LTSP yang sudah ada.
> berarti pada webserver tersebut kita pasangkan Apache+mySQL, PHPNuke +
> moodle,
> Webmin, trus pada webserver dibuat 2 virtual server.
>
> ps.  semuanya dihubungkan dengan LAN tipe star memakai 1 hub 32 port.
>
> Pertanyaan saya:
>
> 1. Apakah nanti Webserver ini memakai IP Statis atau mendapatkan IP dari

tergantung keperluannya, kalau di publish ke internet perlu IP legal
internet, kalau cuma percobaan di LAN ltsp ya pakai saya ip statis lokal.

> 2. LTSP itu khan memakai IP dinamis tho? bukan statis IP.?

LTSP client memakai ip dinamik dhcp dari ltsp server, ltsp server harus ip
static

> 3. Walaupun ada 2 virtual server, tapi kita tidak perlu membuat eth0 alias
> sampai 2 buah khan (cukup IP eth0 )?

maksudnya virtual webhosting, IMHO satu server bisa di pakai
sebanyak-banyak nya web host asal resource hw nya kuat saja

> 4. Perlu gak seting DNS, soale anak-anaknya masih gaptek jadi mungkin
> kesulitan kalo buka situs 192.168.x.x,  ama DHCP - service ini ada di
> webserver atau di LSTP server yach?)

DNS bisa di aplikasi kan di lokal network, service ini bisa di pasang di
ltsp server, web, atau lain nya

> 5. Trus gimana nanti cara setingan pada tiap browser klien supaya bisa
> membaca
> situs yang terletak di webserver.

seting aja ip dns, ip gateway, seharusnya kalau sudah bener semua bisa
akses ke webserver

> mohon bantuannya? soale selama ini baru bisa seting LAN pake Webserver
> tapi
> dengan IP Statis, kalau bisa dibahas secara logika biar mudah dipahami,
> soale
> kalau masalah teknis mungkin kita bisa baca readme/HOW-TO and so on tapi
> kalau masalah logikanya tetap butuh bantuan orang lain yang lebih paham,
> tul
> gak? :)

proses belajar itu (learing curve) itu harus terus selalu dilakukan, kalau
tidak ya mandek ilmu nya, dan belajar itu bisa dari mana saja, milis, dari
orang lain yang sudah pengalaman, membaca dokumentasi, bejalar otodidak,
saat ini belajar otodidak lebih mudah dilakukan, sebabnya banyak sumbernya
dari internet, milis, chattikng, buku. Selalu belajar cara ini tiap hari,
baca dokumentasi dari internet, buku, milis. kalau ada yang menarik saya
coba sendiri, saya bisa mendapatkan pengalaman instalasi, troubeshooting,
dll