hai linuxer...

diperusahaan saya ada rencana konek dengan perusahaan rekanan dengan menggunakan vpn connection salah satu persyaratan yang diajukan oleh perusahaan rekanan tersebut adalah memberikan hak akses di firewall kami dari dan menuju pc client kami port 50 ipsec protocol.

selama ini saya hanya mengenal 3 protokol yaitu tcp,udp dan icmp ( CMIIW ). untuk mengaktifkan protocol ipsec tersebut apakah saya harus menginstall ipsec terlebih dahulu di firewall kami ? atau seperti apa ?

newbie banget