----- Original Message -----
From: "Arief Suherlan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Friday, February 03, 2006 11:01 AM
Subject: [tanya-jawab] SMS Gateway : Kannel

Hallo rekan2 semua.
saya ada masalah nih,
saya lagi nyoba ngebangun sms gateway. saya sudah install Gnokii &
Kannel, dua2nya sudah sukses terinstall.
Cuman yang saya bingung, saya rada kesulitan untuk ngejalanin
kannelnya, saya liat di Userguide saya jalankan dengan perintah
"/etc/rc.d/init.d/kannel start" tapi muncul error "bash: cd:
/etc/rc.d/init.d/kannel: No such file or directory". saya coba cek ke
direktori tersebut, tenyata yang saya temukan bukan file "kannel" tapi
file "/etc/rc.d/init.d/kannel". saya coba jalankan dengan nama file di
atas tetap gak mau. jika rekan2 ada yang punya solusinya, tolong share
ilmunya dong, udah gatel nih pengen segera nyoba sms gateway.

untuk informasi, saya menggunakan OpenSuse 10.0.
Terima Kasih.

--
Regards,

Arief Suherlan
--------

# u/ kannel coba test kannelnya menggunakan
$/path/path/bearbox -v 1 nama_konfigurasi.conf

# u/ gnokii
$ /path/path/gnokii --identify

Oh..iya sebenarnya dokumentasi untuk kannel/gnokii/smstools/playsms sudah
cukup lengkap
terutama di arsip milis ini, dan yang punya playsms tuh ada dimilis ini....

sudah banyak yg berhasil implementasi, termasuk saya  *_^
pakai modem itegno + kannel + gnokii + playsms