On Tue, Feb 07, 2006 at 11:42:52AM +0700, Setia Budi wrote:
> Sewaktu saya install Fedora Core 3, saya kelupaan bikin swap partition.
> He3... kelupaan waktu install ;p
> Sampai saat ini saya udah upgrade ke FC4, swapnya juga belom dibuat.
> Gimana ya caranya untuk membuat swap partition tanpa harus melakukan
> instalasi ulang yang dapat membahayakan data2 saya?

Pertama, backup. Kedua, tes backupnya.

Setelah itu resize partition2nya yg ada kalo udah gak ada free
partition yg bisa dipake utk jadi swap partition. Resize partition ini
ada banyak cara, bisa pake gparted contohnya. Sebelumnya mungkin mesti
diresize filesystemnya dulu (yg sebelumnya mesti di full fsck dulu),
saya nggak pasti karena belom pernah nyoba resize partition (kalo
resize filesystem ext3 pernah), mungkin kalo pake parted udah otomatis
diresize ama dia, entahlah. Cek dokumentasinya.

Setelah dapet partition kosong tinggal diganti type jadi swap
partition pake fdisk, lalu dibuat filesystem swap dengan 'mkswap'.
Setelah itu baru dimasukin /etc/fstab. Kalo mau manual dinyalain tanpa
reboot pake 'swapon'.

Ini contoh entry di /etc/fstab saya utk swap:
/dev/hda3       none            swap    sw              0       0

Jangan lupa backup.

Ronny