On Wed, Feb 08, 2006 at 04:38:05PM +0700, SETIJO AGUS wrote:
> databse = oracle
> programming = lazarus + free pascal atau gambas
>
> atau bikin aplikasi yang nggak web base , tapi akses oracle sbg databse
> pakai apa ya ?

Ya itu makanya saya tanya pake apa programmingnya. Ada banyak cara
mengakses ke Oracle database. Ada OCI API kalo pake C, dan language
lain banyak wrapper di atas OCI ini, contohnya perl ada DBI, php juga
ada wrapper utk fungsi2 OCI, ruby ada juga, dan python kayaknya ada
juga. Utk Java bahkan Oracle menyediakan JDBC driver type 2 (kalo gak
salah) yg performance, features dan flexibilitynya lebih bagus drpd
pake ODBC (apalagi kalo sampe dilewatin JDBC-ODBC bridge mah
kebangetan).

Jadi kalo belum, anda tentukan dulu mau pake apa developnya. Kalo pake
lazarus, freepascal, gambas saya gak familiar, jadi gak tau pake apa
konek ke oraclenya, mungkin rekan lain bisa sharing.

Ronny