Bagudung Cyber wrote:
On 2/16/06, redboyid <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Dear all
Ada kasus nih, saya akan membuat jaringan di suatu instansi dg
jumlah clientnya lebih dari 100 PC. Head office (termasuk marketing)
dan proses produksi ada di Bandung, ada juga marketing yg ditempatkan
di Jakarta.
Pertanyaannya, bagaimana membuat network planning utk kasus di atas?
Rencananya server2 yg akan dibuat adalah:
1. Gateway
2. Proxy server
3. Firewall
4. Mail server -- Utk mail internal dan internet
5. File server
6. Database server
7. Server anti virus -- utk men-scan email dan file sharing.
8. DNS server

pake DMZ untuk server, beres kan... :)

Saya kurang ngerti apa hubungannya dmz untuk server dan urusan jadi beres, bisa dijelaskan?

--

--beast
sum.ldap.or.id/blog