On Wed, 22 Feb 2006 14:58:21 +0700
Arief Yudhawarman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mending servernya diinstal cachedns seperti djbdns, lebih enteng
> drpd bind, shg tdk menghabiskan bandwidth, jadi di sisi client nantinya
> dimasukkan ip server sbg alamat dns server.

Ok, saya sudah selesaikan pekerjaan diatas, ehm semua client sdh
langsung diarahkan ke server. Tanpa repot memasukkan alamat DNS server
(nggak repot sih...lha wong cuma 4 client aja). Untuk bind sendiri memang
nggak saya aktifkan, semuanya dilayani oleh squid (maaf nih newbie...jadi
belum ngerti sepenuhnya......?8)

> Kecuali jika anda ingin main irc sendirian di sisi server, identd bawaan
> slack masih bisa dipakai. Seingat saya kalo pakai midentd, client mirc
> tdk akan memperoleh ident seperti ini, misal, [EMAIL PROTECTED]
> melainkan [EMAIL PROTECTED] alias tdk memperoleh ident.
> CMIIW, midentd itu untuk kernel 2.2, sedangkan oidentd untuk 2.4.

Ctt: Logika saya begini ..... setting firewall seperti semula, yakni hanya
layanan ssh saja
      yg terbuka u/ dunia luar. Jadi saya nggak ingin buka port lain termasuk
113 punya-nya
      identd, khawatir diserbu "orang". Ingin-nya semua layanan dilewatkan
firewall, jadi mirc-pun
      saya leawtkan via midentd (yg masquerade)

Trim's atas bantuan dan sarannya