On Tue, Feb 28, 2006 at 10:55:48AM +0900, rednux wrote:
> 1. saya coba telnet dari dalam mailserver sendiri tidak bisa masuk
> $telnet localhost 25 or $telnet localhost 110 saya coba dari luar
> mailserver yg masih 1 blok IP (local), Bisa. kira2 penyebabnya apa ?

"tidak bisa masuk" itu tepatnya gimana? Coba lebih spesifik tepatnya
ada pesan apa yg muncul. Kalo pesannya "connection refused" berarti
tidak ada server apa pun yang listening di interface localhost.

Seperti sering saya bilang kalo liat nomer port (TCP) jangan
dibayangin port itu berdiri sendiri, harus selalu ada IP addressnya.
Jadi listening di port 25 itu belum tentu berarti di semua IP
interfaces, bisa saja hanya di 127.0.0.1:25 saja atau di
192.168.0.7:25 saja.

> 2. saya test menggunkan outlook di client, dan bisa kirim, tapi kok
> belum keterima diluar LAN(gmail dll) atau didalam LAN (email lokal)

Apa kata log?™

> 3. saya kirim dari luar (gmail) ke email saya juga tidak bisa masuk

Domain emailnya apa tepatnya? Biar bisa dicek dr sini juga.

> 4. dimana kita mengecek 'log' baik saat ada email masuk / atau email
> keluar / email antrian ?

Ini tergantung setup mail server anda. Biasanya di /var/log/...

> 5. mailserver saya (webmail/pop/smtp) tidak bisa diakses diluar, namun
> dalam 1 LAN (local) bisa.

Diagram network yg anda berikan agak berantakan karena anda tidak pake
font yg monospace (seperti Bitstream Vera Sans Mono, Courier New atau
Andale Mono). Jadi saya kurang jelas gimana tepatnya setup networknya.
Anda pake NAT kah? Trus dari luar bisa masuk ke dalem pake apa,
DNAT/port fwd? Anda pake DMZ utk servernya atau jadi satu segment sama
LAN users?

Ronny