On Mon, Mar 06, 2006 at 03:49:01PM +0700, milisdad wrote:
> Antivirus yang buat linux kan skr banyak tuhh
> selain clamav ada juga avg, panda ,dll
> bisa gak antivirus melakukan scaning cache2 yang ada di squid?
> ato apalah istilahnya yang squid bisa integrasi dengan antivirus.

safesquid, bisa coba yg free, support dg clamav, bisa forward
ke squid pula. Scaning dilakukan secara realtime.

Pengalaman saya, kalo squid pakai tool third party yakni redirector
spt squidclam, browsing terasa lamban, karena semua object yg
direquest akan discan, lain kalo pakai safesquid bisa diatur
file dg ekstension apa saja yg discan dan sampai seberapa besar
object yg discan.

Asal tahu saja, safesquid itu binary dan hanya support untuk distro
linux yg punya lib pam, kayak redhat. Kata yg buat, orang india
(pinter2 nich orang india), sudah dicoba dijalankan di redhat 9,
dan running lumayan bagus dg beban yg cukup berat.

Salam,

~yudi

NB: Yg mau coba safesquid + wwwoffled, hehehe ...
    Yg belum tahu wwwoffled, ini semacam webproxy juga tapi
    mendukung offline mode, jadi saat ndak konek ke internet
    - apalagi pakai dialup - segala request object internet
    yg berhasil akan tetap tersimpan di cache dan bisa dilihat
    saat kondisi offline :-) tentu saja kalo buka webmail
    ndak bisa lah yaow...