Saya mencoba menginstall oracle 9.i pada RH 9 seperti manual di Majalah Infolinux, setelah selesai instal (sukses), saya tes dgn sqlplus menggunakan user scott/tiger sukses. Saya coba bikin user baru (security manager dan storage manager sukses) dan sekaligus import data (dmp) dari data oracle yang sudah ada (data dari oracle 8i for windows) sukses. Juga sudah saya konfigurasi setiap kali komputer restart oracle 9i laungsung dijalankan. Permasalahannya, setelah komputer saya restart, service oracle bisa berjalan (status OK), tetapi waktu saya coba menggunakan sqlplus dan login dgn user yang ada tidak bisa (ada error), dgn pesan error sebagai berikut :

ORA-01034: ORACLE not available
ORA-27101: Shared memory realm does not exist
Linux Error: 2 : No such file or directory

kira-kira salah dimana lagi ??