On Sat, 11 Mar 2006, Erga M wrote:

Hi mailist reader,
kami sedang mengerjakan aplikasi yang mengharuskan dilakukan singkronisasi data dan remote access (semacam telnet/SSH). Komunikasinya menggunakan sinyal radio VHF/UHF (karena keterbatasan infrastruktur komunikasi di lokasi tersebut). Yang mengerjakan komunikasi ini bukan tim kami. Masalahnya, mereka kurang ahli dalam membuat aplikasi untuk komunikasinya. Sehingga pengiriman data hanyalah berupa file teks. Padahal kami ingin komunikasi bisa juga mengirmkan file binary atau bahkan remote access. Ditambah pula, mereka membuat apliaksinya dengan Delphi. Padahal komputer2nya menggunakan linux. Apa ada yang pernah mempunyai pengalaman menggunakan media komunikasi ini? Media ini terhubung dengan port serial/COM. Saya pikir sih seharusnya menggunakan PERL/C juga bisa, agar lebih ringan dan bisa jalan di Linux. Ada yang tahu? Mungkin om Onno dkk yang dulu pernah menggunakan media ini.

Thanx

Coba baca-baca tentang AX.25 di Internet
kernel Linux sebetulnya ada modul AX.25-nya

Cuma modem untuk radio-nya harus siap dengan AX.25

Kalau kernel AX.25 bisa di install
kita bisa menumpangkan TCP/IP di atas AX.25 tsb ..
aplikasi TCP/IP bisa beroperasi dengan normal
baik ssh, telnet, ftp dll ..

di japri saya attached tulisan
saya utk konfigurasi AX.25
untuk gateway amatir radio yang saya buat di rumah

- Onno

believed to be clean.