sebab saya ada project kuliah dan harus mendalami
scibus, gimp, atau open source software lain di linux.
dimana nanti harus membuat output dr salah satu
software tersebut. kira-kira software apa yg user
friendly untuk yg awam seperti saya? dan output apa
yang dapat dihasilkan atau kegunaan lain software
tersebut?

GIMP aja
kalo Anda sudah terbiasa dengan program untuk memanipulasi gambar, seperti Adobe Photoshop, maka GIMP adalah padanannya di GNU/Linux

Kalo Scribus itu padanan dari Adobe PageMaker, jadi untuk layout sebuah halaman untuk dicetak

oya, gimp/scribus hanya dpt di install di linux
sajakah? hehe, barangkali saja bisa di install di
windows?

bisa juga diinstall di Windows kok, dia ada versi Windowsnya

--
Willy Sudiarto Raharjo
Registered Linux User : 336579