On 3/14/06, samurai <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Rencana saya pengen buat IP Public itu untuk Relay (yah semacam relay
> deh..gak tau namanya hehehehe)...jadi dibuat 1 server 1 mesin
> akan tetapi dengan IP Privat...
> misalnya
> IP 192.168.5.1/24
> mail 192.168.5.3
> Gateway Client 192.168.5.4 dimana nantinya client saya creat IP
> lagi..misalnya 192.168.6.1/24
> DNS 192.168.5.7
> Web Server 192.168.5.8 domain misal www.xxx.com

Ceritanya anda ini dapat subnet /30 dari ISP. Jelas yg bisa kepake
cuman 2 IP (kecuali kalo pake "ip subnet zero". Satu IP utk interface
external, dan 1 lagi utk internal.
Masalahnya, di internal kepingin dibuat utk 2 network (192.168.5.x/24
utk mail, web, dkk dan 192.168.6.x/24 network internal).
(CMIIW) Mungkin bisa dilakukan, kalo pake ip-alias (sub-interface) di
interface internal. Mungkin perlu kompile kernel juga agar support
Trunking.
Yg jelas, list iptables anda akan lumayan panjang utk mentranslate PAT
semua server (mail, web, dns, dll) dan memforward network internal
(192.168.6.x/24)

--
regards,
Hari Purnama