On Saturday 18 March 2006 07:53 pm, milisdad wrote:
> Pendekatan non-teknis sudah dicoba namun terkadang main "nyolong-nyolong"
> download sehingga sewaktu akses lambat terkadang dianggap biasa oleh
> user namun kalo udah lambat atau koneksi
> putus baru saya yang kena tegur :(.
> Mungkin sambil sosialisasi akses download secara teknis di blok.
> Kalo di tempat pak Fajar bagaimana?

Bandwidth kita juga sangat terbatas bila dibandingkan dengan jumlah user.
Akibatnya terpaksa akses internet sangat dibatasi dalam bentuk:
- Kelompok user (yg boleh dan tidak)
- Jam akses (kapan boleh dan tidak)
- Kelompok website (yg boleh dan tidak). Yahoo, gmail, dan hampir semua
webmail lainnya di blok, bahkan orang IT tidak boleh membukanya (termasuk
saya sendiri tidak dapat akses. Hahaha.. biarin deh, demi kredibilitas). Hal
ini dilakukan karena bila dibuka kita sulit mengontrolnya. Buka milis gambar2
xxx, dll.
- Additional blacklist: windows update, antivirus update, streaming2, dll.
- Secara periodik kita monitor report Sarg untuk melihat apakah ada website2
baru yang sebenarnya memakan bandwidth namun belum terblok.

Bila ada user yang ngotot minta dibuka website a atau b, kita selalu tanyakan
apa relevansinya dengan pekerjaan. Bila tidak jelas/tidak ada, user juga akan
malu sendiri dan urung memintanya, bila masih tetap ngotot, kita minta dia
ajukan persetujuan dulu ke boss divisinya. Dan beruntung sampai saat ini para
kepala mendukung sekali kebijakan akses internet ini, sebab memang kebijakan
ini keluar dari top management dengan Surat Edaran yang jelas.

Yah, memang sulit2 gampang sih. Sampe ada user yang tadinya baik sekali sama
saya, tapi begitu kemudian ada websitenya yang di blok dia jadi bete. Sebuah
kenyataan yang mesti dihadapi oleh para sysadmin.
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org