On Mon, Mar 20, 2006 at 07:22:57PM +0800, Budiman Angir wrote:
> saya sudah instal dan uninstal app-app yg ada di cd debian.
> sekarang katakan saya naksir app "a, b, c, d, e" (berserta dependensi
> app lainnya) .....
>
> gimana supaya lain kali kalau mau install aptitude. supaya aptitude bisa
> otomatis menginstall "a, b, c, d, e" tadi hanya dengan menunjuk
> "file-list-config". boleh juga pakai dselect/dpkg apapun caranya.
>
> Intinya kita ngak perlu cari cari di daftar package lagi.

Saya biasa pake debfoster untuk bersih2 paket yg gak perlu, dan saya
gak usah repot2 ngurusin dependencies. Misalnya saya mau K3b, saya gak
usah pusing sama dependenciesnya KDE. debfoster cukup pinter utk tau
kalo saya maunya cuma K3b aja, jadi yg didaftar sama dia cuma K3b.
Setelah kita selesai, nanti debfoster akan menghasilkan file
/var/lib/debfoster/keepers berisi nama2 paket yg kita mau, tapi tanpa
dependenciesnya ditulis di situ.

Kalo mau direplikasi paket2 yg mau diinstall di system lain mestinya
tinggal pake 'sudo xargs apt-get install < keepers' di mesin yg laen
itu. Belom pernah nyoba sih, tapi secara teori harusnya bisa.

Ronny