On Wed, Mar 29, 2006 at 11:51:16AM +0700, Beast wrote:

> Samba tdk akan bypass retriksi dari OS, oleh krn itu pastikan user tsb
> bisa akses ke folder tsb. Tambahkan juga:
>
> valid users = %S
>
> dan pastikan samba user tsb punya entry home direktory di /etc/passwd
> atau kalau tdk tambahkan "path = ..." dibahwah share level [homes] di
> smb.conf.

Saya sudah coba saran Anda, namun tetap saja tdk bisa masuk ke home
directory. Kemudian saya cek lagi smb.conf dan lihat security-nya
diset SHARE, padahal dulu waktu masih pakai samba bawaan distro
redhat9 security model SHARE ini yg saya pakai & tdk ada masalah
masuk ke home directory, anehnya saat coba samba yg di-compile
sendiri jadi tidak bisa masuk ke home. Jadi sekarang file isi
smb.conf seperti ini, saya ambil yg penting2 saja:

[global]
  security = USER
  encrypt passwords = Yes

[homes]
  comment = Home Directories
  browseable = no
  writable = yes
  invalid users = nobody

Saya killall -HUP smbd, nah sekarang saya yg logon ke winxp as yudi
dapat masuk ke home directory yudi di mesin samba. Masalahnya sekarang
adalah jika saya logon ke winxp as user lain, kemudian masuk ke
mesin samba dg login as nobody, maka akan muncul folder sharing dg
nama nobody dan jika di-klik maka isinya adalah list dr folder /home,
padahal account nobody sudah diset homenya ke /dev/null dan
shellnya /bin/false

# grep nobody /etc/passwd
nobody:x:99:99:Nobody:/dev/null:/bin/false

Padahal saya juga tambahkan entri 'invalid users = nobody' di atas,
tapi tetap saja user nobody dapat melihat isi folder /home.

Bagaimana untuk mengatasi hal ini agar user nobody tidak bisa lihat
isi folder home atau di service samba tidak muncul folder sharing
nobody (karena sdh diset invalid users di atas) ?

Perkembangan terakhir, saya sudah tambahkan baris ini ke [homes]
  public = no

Nah, sekarang user nobody bisa lihat sharing folder nobody, tapi saat
diklik tidak bisa lihat isinya. Kemudian muncul ide bagaimana jika
jika sharing folder nobody diklik akan muncul folder public yg
bisa diakses rw oleh user nobody, ada ide ?

Pertanyaan terakhir, saat saya set security di smb.conf menjadi USER,
maka jika saya logon di mesin windows bukan sebagai user yg sama di
linux, maka saat buka sharing folder di mesin samba mesti ditanyakan
autentikasi, dg prompt username default (dr windows) guest, untuk
bisa masuk saya isikan usernya menjadi nobody dan tekan <Enter>,
akhirnya bisa mengakses service samba. Apakah ada cara lain yg
singkat tanpa perlu menambahkan user nobody di mesin windows atau
user guest di mesin samba, artinya dg login di windows sbg user
yg tdk terdaftar di mesin samba maka default user adalah nobody ?

TIA,

~yudi