Hai milisers,

Setelah lama mengamati aliran trafik downstream dari koneksi satelit ke
client, saya sadar bahwa managemen bandwidth (bw) yg biasanya saya
terapkan untuk koneksi internet kabel (lc dsb) tdk begitu bagus malahan
akan memperlambat aliran downstream satelit. Managemen bw-nya pakai tc,
dan selama ini jika diterapkan untuk koneksi internet via kabel cukup
bagus, dalam arti kata bw downstream senantiasa mencapai batas bw
max saat koneksi padat. Lain halnya jika managemen bw ini diterapkan untuk
koneksi downstream via satelit, grafik downstream akan "jagged" atau
bergerigi, jadi saat mencapai puncak dia akan drop, kemudian naik lagi
perlahan2, padahal saat itu koneksi padat (banyak user yg browsing). Tapi
kalau tidak memakai bw management, bw downstream akan full dan grafiknya
akan flat.

Sebagai ganti tc saya akan coba manage bw pakai delay pool squid, krn
bw downstream ini digunakan untuk browsing saja (port 80). Mungkin rekan2
lain yg memakai koneksi internet via satelit bisa sharing pengalaman di
sini ttg management bw-nya ?

TIA,

~yudi