Dear all,

memang benar "backdoor" untuk mendapatkan kembali akses root dalam kasus
misalnya lupa password atau lainnya (di"curi" misalnya) berbeda untuk
setiap distro, bahkan FreeBSD (atau mungkin juga OpenBSD) terang-terangan
menambahkan satu account setara root (meski kebanyakan didisable) yaitu
toor (Charlie Root :D).
Nah di beberapa varian yang pernah saya coba yaitu:

1. RedHat (6.2, 7.0, 7.2, 7.3, 8.0, 9.0) caranya hampir sama yaitu:
   a. Jika menggunakan Lilo, ketik aja di boot promptnya: linux single
atau linux 1 (init 1, single mode)
   b. Jika menggunakan grub, edit aja baris yang ada tulisan kernel
kemudian tambahkan di paling akhir dari baris tersebut single, kemudian
boot.
Cara di atas tidak berlaku jika di Lilo config atau grub config
menggunakan password, maka cara paling akhir adalah menggunakan Boot CD
atau Live CD, setelah masuk ke dalam kamu mount device yang aktif dari
linux kamu lalu edit /etc/shadow dan /etc/passwd untuk account root :) ini
paling ampuh.

2. Slackware, biasanya pakai Boot CD atau Live CD
3. Mandrake, caranya hampir sama dengan RedHat
4. Debian, setahu saya hanya bisa menggunakan Boot CD atau Live CD

Persyaratan di atas adalah: Anda harus punya akses fisik ke server
tersebut dan CDROMnya jalan serta bisa diboot.