----- Original Message -----
From: "Luthfi Basyari" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Thursday, April 06, 2006 2:51 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] wireless

> SERVER-------switch/hub------5 Access point Indoor untuk lt.1,2,3,4,5 (yg
> dihubungkan ke swicth)
> sisi CLIENT memakai wireless card PCI ato acces client USB ato PCMCIA card
> wireless (biasanya u laptop) sebanyak pc klien.

> -untuk access point indoor yg sedeng harganya ada d-link,
lynksys,smartbridges
> kisaran harga Acc.point antara 100-250 US
> -untuk wireless card pcu utk klien sekitar 500 ribuan / pcs
> installasi dengan webbase (lebih enak radio konfig.nya pake webbase)
> setting IP utk radio (lebih baik IP nya diluar segmen IP lokal),setting
> powerdb di Access point,setting channel,n associate deh ke sisi klien ato
> sebaliknya.
>
> mungkin ada tambahan dari temen2

> saya juga terima kasih klo di outsorcing kan..:P

buat info aja,
kalau AP indor biasanya 1 AP bisa handle nyampe 6 user, itupun udah ngos2an.
kalau si WEP, WPA diaktifin bisa nggak nyampe buat 6 user, habis si BW
setidaknya udah hilang sebagian buat enkripsi.
kalau untuk database jangan deh, mending pake kabel untuk koneksinya.
tapi untuk wifi yang MIMO, aku belum pernah coba. katanya sih bisa ngatasin
multipath, jadi sinyal pantulan yang biasanya ngedropin sinyal dari AP,
kalau di MIMO sinyal pantulan akibat multipath malah nguatin sinyal yang
dipancarkan AP
thanks

CMIIW